KARATE INKAI

SEJARAH PERKEMBANGAN SAYA DI INKAI

MULAI KARATE

Saya mulai belajar karate pada bulan Mei 1973. Alasannya hanya karena ingin melindungi diri saya dan saudara perempuan saya dari gangguan orang lain. Kami berdua perempuan semua, kalau saya melihat teman teman, tetangga yang mempunyai saudara laki laki dan dapat diharapkan jadi pelindung mereka, maka saya mulai berpikir saat itu,”siapa yang akan menjaga saya dan saudara perempuan saya”.

Mulailah saya merengek rengek kepada ayah saya untuk memasukkan saya ke karate. Sampai pada suatu saat beliau secara tidak sengaja bertemu dengan sempay Johny Kokong dan Sempay Husni Dunda di kereta api. Beliau berdua memberikan alamat Sensey Idrus Gangsa, yang pada saat itu masih DAN II. Mulailah saya latihan Karate di ranting Serelo.

PERKEMBANGAN “JENJANG” DI KARATE:

Peningkatan Jenjang atau tingkatan saya berjalan mulus ketika saya masih SMA. Tahun 1976 saya meraih DAN I, di Cisarua. Kenaikan tingkat ini melalui ujian yang sangat sulit. Selama enam hari dari tanggal 4 sampai 10 Desember 1976, kami ditempa secara fisik. Setiap pagi kami lari dari barak di Badak Putih menuju Puncak, latihan sejam disana, terus lari lagi turun ke Badak Putih. Siapa yang terlambat, dihukum secara fisik. Alhamdulillah saat itu saya tidak pernah dihukum dan selalu sampai tepat waktu.

Tahun !978, saya meraih “prestasi” Juara IV Kata Perorangan Putri. Kenapa saya sebut prestasi dalam tanda petik, karena yang mendapat piala hanyalah juara I sampai III. Namun Teknik karate saya tidak jelek. Hanya saya tidak beruntung mendapatkan pembina seperti mereka mereka di Jawa (Anastasia, Cristine, Lusiana Taroreh, Tini Susanto, Trully, Erna, dan Nurmi). Mereka semua punya pelatih yang memonitir latihan mereka secara terprogram, sementara saya hanya spontan saja, tidak melalui latihan dan TC yang cukup. Pada waktu Nakayama Sihan ke Palembang, dan latihan massal di Sport Hall, saya diletakkan di depan sebagai model, pada saat dia mau memberikan contoh. Pengalaman pahit kegagalan saya inilah yang membuat saya bertekad bila suatu saat saya jadi pelatih, pengurus jangan sampai ada atlit yang tidak terbina dan tidak terkirim.

Tahun 1981, saya mengikuti kenaikan tingkat ke DAN II, yang seharusnya saya ambil ketika tahun 1978. Tahun 1984 awal ketika saya mengalami kecelakaan motor dan gegar otak ringan. Disini jenjang karate saya terhenti. Saya harus memilih antara terus karate atau menyembuh otak dan menyelesaikan kuliah. Kejurnas terakhir yang saya ikuti adalah tahun 1983. Januari 1986 saya menyelesaikan study dan bersiap untuk melanjutkan kejenjang S2 di Inggris. Tahun 1987, saya berangkat ke London, Inggris.

Tahun 1990, kembali dari Inggris saya mulai didatangi teman teman yang mengajak saya aktif karate kembali. Tahun 1993, menjadi Ketua Musyawarah Daerah INKAI Sumsel, membantu Bp. Ir. Alex Noerdin SH, sisa pengurus yang masih aktif pada saat itu. Kami mendirikan pengda yang vakum melalui Musda Inkai Sumsel di ranting Pertamina dan dihadiri PB. INKAI, Bp Shidki Wahab. Bp. Hatta Edison dan Bp. Teddy Yusuf. Terpilihlah Ketua Umum Pengda INKAI Sumsel, Bp. Kol. Syafiuddin (sekarang alm), Ketua Harian Bp. Ir. Alex Noerdin SH dan Sekumnya Erika Buchari.

Tahun 1994, Kepengurusan Pengda INKAI Sumsel dan Affiliasi PUSRI diharuskan bergabung oleh Bp. Jend (Purn Mantiri) Ketua Umum PB INKAI waktu itu, sehingga ada reshuffle Pengurus Daerah INKAI Sumsel. Komandan Korem berganti otomatis Ketua Umum berganti dari Bp. Kol. Syafiuddin kepada Bp. Kol. Ryamizard Ryacudu (saat itu masih kolonel). Tahun 1994, ketika menjadi utusan daerah pada acara Musyawarah Keluarga Besar INKAI di Cibubur Jakarta, saya dipilih daerah daerah untuk menjadi Ketua Sidang memimpin sidang Musyawarah Nasional dan membahas serta mengevaluasi AD/ART INKAI. Terpilihlah Bp. Adam Damiri sebagai Ketua Umum PB. INKAI menggantikan Bp. Jend (Purn) Mantiri.

Tahun 1994 itu saya “dipaksa” teman teman untuk ikut kenaikan tingkat ke DAN III, tapi gagal dan tidak naik tingkat. Tentu saja karena jam terbang saya belum cukup dan saya belum kembali ke form saya. Tapi dari sini semangat saya untuk latihan naik lagi. Saya mulai latihan lagi di Palembang.

Tahun 1995, saya mengikuti Ujian kenaikan tingkat di Surabaya dan berhasil naik ke DAN III. Saat itu sebetulnya saya merasa belum siap, saya telp suami saya untuk menanyakan hal itu. Dijawab oleh suami saya begini,”Rika kesana sudah mengorbankan waktu dan segala kegiatan jadi harus berhasil. Ujian hanya berhasil kalau latihannya cukup. Kalau untuk lulus harus melakukan latihan KATA seribu kali. Manfaatkan waktu enam hari disana untuk mengejar latihan yang tertinggal itu. Yang penting diperhatikan intensitas latihan”. Wah boleh juga nasihat dan dukungan suami ini tidak boleh saya sia siakan. Maka saya terus melatih KATA saya, di koridor, di kamar, di halaman, kapan saja mungkin seratus kali sehari semalam. Sampai KATA itu melekat di tubuh saya, tidak hanya melekat diotak saja. Ketika naik tingkat, saya sedih sekali, karena orang yang selama ini mendorong saya karate, alm ayah saya sudah meninggal tahun 1989 dan tidak sempat melihat saya memperoleh DAN III ini. Rentang waktu dari DAN II ke DAN III cukup lama, yaitu 14 tahun. Ternyata semangat karate terus melekat di darah dan jiwa saya…..

Tahun 1997, tahun kebangkitan dan keemasan bagi Tim Sumsel, karena pada tahun ini Sumsel lahir dan bangkit memperoleh banyak medali.

Tahun 2000, saya mengikuti Ujian DAN IV di Yogyakarta. Alhamdulillah, yang ini saya langsung naik tidak sempat gagal dulu. Karena filosofi intensitas latihan tadi sudah saya pegang terus.

Tahun 2001, MKB di Sumatera Selatan. Kita menjadi tuan rumah untuk tiga even sekaligus yaitu Kejuaraan Nasional, Gashuku dan Ujian Nasional serta MKB (Musyawarah Keluarga Besar) INKAI.

Kembali terpilih sebagai salah satu dari pimpinan sidang (Sekretaris Sidang), namun ditengah jalannya sidang semua peserta meminta saya untuk memimpin sidang menggantikan Ketua Sidang. Entah karena apa, yang jelas memimpin sidang MKB Pengda INKAI se Indonesia merupakan pengalaman khusus yang tidak pernah terlupakan. Terutama disaat para pendiri INKAI di dalam ketidak samaan persepsi dan diambang perpecahan. Data dan Analisis sangat penting guna meluruskan keadaan. Pada peride 2001-2005 terpilihlah Bp. Jend Ryamizard Ryacudu sebagai Ketua Umum PB. INKAI (saat itu masih aktif). Sayapun terpilih menjadi Wakil Sekjen II, mendampingi Bp. Nigara.

Tahun 2006, diadakan MKB kembali dan Bp. Jend Ryamizard Ryacudu terpilih lagi menjadi Ketua Umum. Saya masih dipercaya mendampingi beliau menjadi Wakil Sekjen I. Selama lima belas tahun menjadi sekretaris mendampingi beliau di Karate, saya banyak belajar dari keteladanan sikap beliau. Mungkin pada waktunya nanti saya dapat menuliskan catatan tentang beliau kalau diizinkan. Contohnya, ketika selesai MKB sudah lewat jam 02.00 dinihari, masih saja ada “penjual foto” bertahan menjual dagangannya diluar menanti kami bubar, padahal peserta sudah tinggal sedikit. Beliau berkomentar, “hebat sekali kamu berjuang tabah sampai akhir padahal orang sudah habis”. Lalu beliau memborong semua foto tersebut dan membagikannya ke kami kami kalau ada yang mengenal wajah difoto itu. Beliau selalu “menahan” saya yang rada tidak sabar untuk take action, untuk “menjadi tabah dan berjuang sampai akhir”.

Berikut ini saya tampilkan beberapa file tentang INKAI

  • Links

  • 97 Comments

    1. desy yofianti says:

      salut buat ibu.. yang masih aktif di inkai sampe sekarang…
      kalau desy hanya punya semangat inkai saja bu..

    2. Ismail Putra says:

      osh !!!
      wah… sempai saya iseng aja lagi browsing2, eh malah ketemu blog ini.
      Nama sempai dah gak asing lagi di dunia karate, saya pun seorang karateka. saya sering denger cerita karate tempo doeloe dari keluarga yang kebeneran semuanya karate. sempai kenalkan dengan sempai zainal abidin ??? itu kakek saya sempai, wah saya salut dengan bushido sempai, salute !!!

      Osh !!!

    3. Ismail Putra, salam buat kakeknya ya, beliau hebat sekali dulu pernah jadi wasit terbaik Indonesia. Nama orang tuanya siapa ya? Salam…Osh

    4. Ratno says:

      osh!sensei..
      selamat berjuang kembali.INKAI butuh orang seperti sensei..Osh.
      nb:
      buat materi tentang karate, biar semua lebih tahu tentang karate.trus saya kan karate INKAI juga cuma buku2 tentang karate sangat kurang dan jarang ada di toko buku. mungkin ada saran

    5. yuliadi yunus says:

      Osh.. Sempai,
      Saya masih ingat dengan sempai rika saat ikut gashuku di pusri.
      Masih ingat dengan rekan-rekan: Tamzil, Sutarman, Zainuri, Khudori, dll? juga dengan Sempai Taufik Abbas?

    6. trey says:

      osh…sensei….
      saya lagi nyari2 buku tentang karate khususnya inkai..buat skripsi saya….
      mungkin sensei ada referensi..mohon bantuannya….Osh

    7. kike says:

      hehehe apa kabarnya bu

    8. Haidir Purnomo says:

      osh sensei ………!

      saya bangga sebagai karateka inkai.
      (saya masuk inkai tahun 1995 sampai dengan sekarang )
      sekali sumpah kerate terucap pantang undur diri )
      osh sensei
      ( DARI UNIT APLIASI LAMPUG )

    9. dian rahmadi says:

      osh sensei

      saya bangga sebagai karateka inkai
      yang mempunyai contoh seperti sensei
      dan mempunyai semangat bushido yang begitu tinggi.
      kami semua teman2 di kodim 0728 Wonogiri sebisa mungkin akan terus membangun Karate INKAI di hati kami

      osh……sinsei

    10. sempai ary says:

      osh sensai, salam.
      oh ya salah satu cara sy mengenalkan karate di kab.pamekasan, madura.
      sy menggunakan web sebagai media, alhamdulillah dengan ini dan prestasi2 sy saya dapat membentuk ranting yang sukses. kenapa sukses, hampir anak pejabat2 tinggi di kab.pamekasan bergabung dengan INKAI rantingt sy.
      Saya minta saran atau kritikan untuk memajukan nya.
      jika tidak keberatan, tolong dilihat blog kami.
      alamat : inkai-rgk.tk
      atau bisa juga : inkai-rgk.blogspot.com

    11. ismail putra says:

      osh sensei maaf baru baca blognya lagi, apa kabarnya sensei? kalau nama orang tua saya tuti andrianty sensei, mama juga titip salam buat sensei. osh !!!

    12. syafri sangjaya says:

      Osh syempai…
      saya syafri,
      sekarang kerja di pertamina.
      saya DAN I tahun 2003,
      sekarang saya di natuna.
      saya mau tanya siapa-siapa saja orang INKAI di pertamina syempai?
      terima kasih sebelumnya syempai..

      Osh…!!!

    13. syafri sangjaya says:

      saya dah lama ga latihan syempai,
      kemaren neh saya dinas ke jakarta dan saya ga tau bisa nemuin orang INKAI latihan dimana…
      trus saya maen ke senayan ketemu sama syensai ABDUL KADIR.
      saya ingin mulai latihan lagi syempai…

    14. Saya bangga teman teman karate saya dari segala penjuru di Indonesia dan di dunia sudah hebat hebat. Intinya dengan menjaga semangat bushido kita dapat menjaga dan memurnikan kepribadian kita menjadi orang yang konsisten, produktif bekerja dan positive thinking. Kepada sobat sobat INKAI ku, baik junior maupun senior, saya minta maaf baru sempat menulis di blog ini lagi, krn kesibukan pekerjaan dan perjalanan pekerjaan ke luar negeri. Insyaallah dlm wkt dekat saya dapat menulis lagi dan menjumpai teman semua. Osh.
      Paris, 15 Juni 2009. Erika

    15. DBK says:

      Osh … Sensei …
      Salam hormat & salam hangat dari seluruh anak-anak Dojo Bina Ksatria.

      Kami sangat senang & berbangga hati telah menemukan situs yang bagus serta bermanfaat bagi kami semua di DBK.
      Kami mohon bimbingan karena kami baru lahir kemarin & ingin menjadi generasi Penerus Karateka di Indonesia.

      Smoga Karateka Indonesia smakin Jaya baik di Tanah Air maupun menggaung di dunia In’tl.

      Terima kasih,

      Osh …
      DBK

    16. yedi says:

      osh….syempai saya ingin tanya ,inkai fkti, dgn inkai biasa

    17. M.Arief says:

      Osshh Sensei… mohon saran tentang Web kami : http://www.dojobinaksatria.blogspot.com
      salam hangat

      M.Arief
      Inkai cabang Jakarta Pusat
      Ranting Dojo Bina Ksatria

    18. icuk says:

      osh, salut sempai

    19. edy agus (lomax) says:

      osh… senpai,
      bina terus inkai sumsel… please!!

    20. erika says:

      Mas Icuk: Osh…terimakasih sdh mampir
      Edi Agus: Insyaallah kalau masih diperlukan, at least sebagai Sabuk Hitam harus terus bertanggung jawab.

    21. Ahmad Yani says:

      osh…
      mbak erika… saya sdh lama tidak latian karate (1995) krn cedera, di usia skr 44 th, sy pengen lg latian karate, sy DAN I INKAI, mbak …punya VCD ttg latian dasar dan kata ya, klo ada sy minta di copy utk sy latian, sy skr di Makassar, ato ada info dmn sy dapat memperoleh vcd tsb, trims.

    22. delvi christian says:

      osh sensei…. dari delvi inkai papua,muridnya sensei makmur…mw tanya..sensei tw ga.. dojo inkai di sala3?

    23. Hairan says:

      Salam kenal buat Dr. Erika. Saya juga penggemar bela diri, walaupun tidak berlatih Karate. Mungkin Ibu tertarik untuk melihat-lihat blog saya. Di sana baru saja saya tulis artikel mengenai sejarah Karate menurut
      Chris Thompson, Karateka Inggris. Salam…

    24. . says:

      Osshh Sensei..!!!
      Mohon Do’a dan dukungannya Dojo Bina Ksatria akan mengikuti Gashuku dan Ujian Karate Perdana di Gedung Bidaka,Pancoran yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 dan 18 Oktober 2009,Semoga Dojo Bina Ksatria dapat menorehkan Prestasi yang cemerlang dan dapat mengikuti kesuksesan Sensei Dr Erica Buchari…ammiieenn

      Salam Hangat..
      M.Arief (Dan IV/MSH 3343)
      Cabang Jakarta Pusat

    25. Ambran rudy says:

      yth.sensei rika sy dan I inkai th 1993 tp sdh lama tdk latihan mhn info utk dojo/ranting inkai yg msh aktif di seputaran kec.sukarame,alang2lebar dan talang kelapa plg, trmkash,osh

    26. Orius says:

      Osh sensei…salam kenal. Saya Orius dari Pekanbaru, sampai sekarang saya sekarang masih KYU 1, karena sudah beberapa kali gashuku DAN saya berhalangan untuk ikut. Insya Allah tahun ini saya ikut Gashuku dan ujian DAN di Palembang. Mohon doanya ya sensei..

    27. Asslmkm,
      Sudah lama sekali saya tidak menulis dan membalas pesan yang ada di Blog ini. Untuk itu saya minta maaf. Hal ini karena kesibukan yang tahun ini agak diluar perkiraan saya. Selain itu, kesibukan dengan facebook juga sudah membuat saya jadi lalai mengisi blog saya sendiri. Sekali lagi saya minta maaf sama teman teman, yang membaca blog ini. Sungguh saya tidak sopan ya…kedatangan tamu tapi saya sendiri pergi kemana…
      Untuk sdr Hairan, saya sudah membaca blognya. bagus sekali.
      Ambran Rudy, sebelumnya pernah ada ranting yang dipimpin oleh Rudy Kokong, kemudian ada juga ranting yang dilatih oleh Benny Khairullah disana, tapi beberapa tahun ini karena kesibukan saya ke luar membuat saya absen mengurus karate. Sekarang saya sudah lega karena tidak menelantarkannya lagi karena saya sdh tidak duduk sebagai pelaksana lagi di INKAI sumsel, jadi penasehat saja untuk periode akhir 2009-2014. Buat Sdr. Orius, sampai jumpa di PUSRI ya, karena Affiliasi PUSRI yang jadi tuan rumah tentunya kalau pas di Plg saya akan hadir. Osh.
      Salam

    28. lia says:

      osh….luarbiasa senpai….bener2 luarbiasa….ga da komen yg lain2….bener2 luar biasa…

    29. Osh..
      Lia…salam luar biasa…

    30. Karyana, Drs says:

      Osh Sensey..sy Drs. Karyana kapengcab Inkai Kab. Pekalongan salut dgn perjuanganya untuk inkai..jayalah inkai, osh

    31. Osh,
      Pak Karyana. Selamat Tahun Baru 2010. Semoga ditahun ini INKAI Cabang Pekalongan tambah meningkatkan prestasinya. Oh ya..tahun 2010 ini masa kepengurusan lama akan habis dan…saya akan berganti dengan tenaga baru yang segar dan bersedia duduk di kepengurusan PP INKAI nanti… Osh

    32. Orius says:

      Osh..Sensei..alhamdulillah saya dan tim dari pekanbaru sudah kembali dari palembang mengikuti Gashuku & ujian Dan di affiliasi Pusri. Sayang tidak bisa ketemu dengan Sensei. titip salam saya untuk sensei Taufik, Sensei Yuyun, Sensei Iis, Sensei Efriyanto, Sensei tugino..jika Sensei ada kesempatan bertemu mereka.. Osh….

    33. mini says:

      osh,
      aku pengen jadi seperti sensei…..
      pi gimana caranya y???????

    34. Bambang Priambodo says:

      Selamat sore, nama saya Bambang, saya memiliki anak umur 5 tahun dan senang mengikuti olah raga karate, sekarang akan ada kenaikan sabuk, permasalahannya anak saya belum hafal mengenai kata dasar karate-inkai, mohon infonya, dimana saya bisa mendapatkan buku untuk kata dasar karate-inkai, sehingga saya bisa membimbing anak saya mempersiapkan kenaikan sabuk, terima kasih. Salam Priambodo

    35. dimas says:

      osh sensei sya perna lat karate inkai di lamongan tp ternyata tidak resmi sya sangat kcwa sekali sya pgen di lamongan ada yang resmi tlg infonya…. osh!

    36. achmad riyadh says:

      walau sekali bertatap muka pada sensai erika,kalau tidak salah waktu gashuku Nas Nop 2007 di Mako KOPASSUS.keteladanan sensai erika patut untuk memotivasi kohai2 di daerah.Osh…Sensai…!jayalah INKAI untuk mencetak pemuda yang berkarakter, tanpa sifat piln plan dan konsisten,sekali lagi OSH….!!!!

    37. charles simanjuntak says:

      osh… semoga karate INKAI forki tetap jaya selalu. salam dari inkai cab.depok
      Osh !!!!

    38. egy permana says:

      osh…..saya juga seorang karateka yang sejati. sya salut sama prestasinya…!!
      dan semoga INKAI tetap jaya slalu. OSH..!

    39. karate riau inkai says:

      oshh
      salam dari karate inkai riau

    40. habibie Hasan says:

      ass….wr..wb
      “hebat sekali kamu berjuang tabah sampai akhir padahal orang sudah habis”
      ucapan yg membangkitkan semangat kembali
      oshh sensei

    41. Yosua says:

      Osh
      Salam dari Karate Inkai Pati

    42. Osh,
      Salam juga untuk INKAI PATI. Selamat ya…

    43. Yoga says:

      osh…
      sensei..sya mhon ptunjuk..kjdian yg sensei alami jg trjdi pd sya..hmpr 4th sya off krn cdra ptah jri tngan,dan stlah plih skarang dri Smarang sya pndah kJogja,tdk thu dmna sya hrus mmula,dan brltih..
      sya ingn mnjdi Krateka sjti,dan tdk ingn brhnti smpai dsni..
      mhon ptunjk sensei..
      slam INKAI…osh…!!!

    44. Yoga,
      Osh…Jangan putus asa dengan keterbatasan kita. kalaupun kita harus terpaksa berhenti berlatih karena keterbatasan kita, mulai lah dengan apa yang mampu kita gerakkan… Selamat mencoba dan selalu optimis. Salam. Osh.

    45. Axel Christian says:

      Osh…
      Saya juga ikut dlm INKAI, saya sngat salut dengan perjuangan Sensei…
      Sekian dari saya…
      Osh…

    46. Axel Christian says:

      Osh…
      Saya juga sangat ingin menjadi seperti Sensei & saya juga ingin melindungi semua orang yang saya sayangi…
      Osh…

    47. Axel Christian says:

      Osh…
      Perguruan Karate saya ada di Kuala Kapuas-Kalimantan Tengah, tempat kami Latihan di salah satu sekolah SMA di sana, yaitu SMA Negeri 1 Selat Kuala Kapuas. Saya sangat berharap Sensei dapat berkunjung ke tempat latihan kami di sini. Kami semua menunggu ke datangan Sensei…
      Osh…

    48. bizon says:

      osh..sensei setelah saya baca saya merasakan luar biasa hanya orang-orang dengan semangat yang bisa membawa karate indonesia semakin maju..maju dan maju
      sukses sensei..Osh..!

    49. Osh Axel, Semoga ada jalannya nanti saya bisa bekunjung ke Kuala Kapuas sana ya. Selamat berlatih.

    50. Osh, Bizon.
      Salam luar biasa. Anda pasti luar biasa. Semangat terus ya…

    51. benny khairullah says:

      Osh…sempai apa khabarnya, 1 tahun ini ku lagi macet, menenangkan pikiran dulu, latihan dewek bae di rumah, tinta lagi abis untuk mewarnai, dasarnya warna putih berubah oleh kareno cuaca, suhu, volutan dan waktu, mudah2an biso stabil lagi diriku ni ! karate itu harus pake nurani jadi kalu lagi dak mood ya tenangken dulu lah !

    52. Osh,
      Benny Karate itu memang harus murni dan menggunakan hati Nurani yang bersih, tanpa rasa bermusuhan apalagi menganggapnya sebagai komoditas dan tempat cari uang. Maka kalau sudah demikian hilanglah budi luhur.
      Aku juga lagi istirahat di PP dan di Pengda, parkir dulu, membesarkan ananda Shafwan yang baru masuk 11 bulan. Mudah mudahan kita tetap bisa menjaga kebersihan hati dan budi luhur kita dalam berkarate ya. Selamat menjaga nurani…Salam. Osh

    53. mia says:

      osh……salam karateka bt mua dojo dmnpun brada,sy mia dr dojo aceh sensei idris. tp udah lm sy tdk lthn krn jadwal kul y padat,tp dlm ht n darah sy karate sll hdp n ttp jaya. osh……

    54. Anastasia says:

      Osh…Ujian Tahun 1994 Di Cibubur 3 hari Pengujinya dari JKA banyak yang ga lulus dari 200 peserta yang lulus hanya 16 orang salut ibu pernah mengikutinya….

    55. ivan yulivan says:

      karate sesuai namanya memiliki pengertian kogyou ” tdk memaksa” mengalirlah seperti air “mizuno kokoro” untuk sampai pada gerbang jiwa “ku” untuk mencari rahasia tersembunyi ‘myo” agar sampai pada “semyouryoku” peringkat tinggi jiwa jiwa sebagai manusia

    56. fawahisah mahabatan says:

      osh ,semoga perbedaan yg terjadi di pendiri inkai merupakan pemicu semangat untuk lebih menjadi dewasa dalam mengembangkan perguruan inkai di tanah air

    57. indra prasetya says:

      Saya ini suka sekali karate…
      Tp saya ini lebih suka menjadi peneliti&pengambangan fisik atlet karate…
      Bs g ya…??

    58. Hajah Annisa Yasmin says:

      Assalamualaikum

      Anak kami yang bernama Nabila Sofyan memulai latihan kareta INKAI Jakarta Timur sampai Kyu 3. Kemudian dia pindah ke INKAI di bawah Sabeth Muchin; sampai SHODAN (dan 1); karena Sabeth Muchsin diakui sebagai karateka sabuk hitam tertinggi oleh JKA. INKAI yang lain adalah INKAI PALSU. Sabeth Muchsin adalah orang pertama yang mendirikan organisasi INKAI di Indonesia. Sekarang adalah era kekuatan hukum; sehingga mereka yang tidak berada di bawah Sabeth Muchsin tidak berhak menggunakan nama INKAI. Mereka harus menggunakan nama lain demi keadilan sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia

    59. Hajah Annisa Yasmin says:

      Sabeth Muchsin adalah seorang Karateka yang berhasil mencapai sabuk hitam tertinggi di Indonesia. Sabuk hitam tersebut yang diakui oleh JKA (Japaness Karatedo Association) di Jepang. INKAI yang asli didirikan oleh Sabeth Muchsin begitu juga lambang INKAI telah dipatenkan oleh Sabeth Muchsin; sesuai dengan hukum yang berlaku di Republik Indonesia

      http://www.inkai.or.id/utama/

    60. Hajah Annisa Yasmin says:

      Semua organisasi karete di Jepang hanya memberikan sabuk hitam sampai Dan 7 untuk orang2 asing (bukan orang2 Jepang). Organisasi2 Karate di Jepang tidak akan memberikan Dan 8 kepada orang2 asing; supaya orang2 Jepang bisa selalu memonopoly Karate.

      Jika seorang guru karate inggin diakui ijazahnya, sertifikatnya, sijilnya oleh dunia Karate International; maka dia harus pergi ke Jepang untuk ujian Karate; dimulai dari Dan 1 (Shodan). Sabeth Muchsin mendapatkan Dan 1 sampai Dan 7 dari JKA (Japaness Karatedo Association) di Jepang; sehingga Sabeth Muchsin diakui oleh JKA

    61. Hajah Annisa Yasmin says:

      Selamat Ibu telah mendapatkan DAN 4; sangat luar biasa dan Insya Allah; ibu berguna untuk perkembangan karate di Indonesia.

      Mengingat DOJO KUN (sumpah karate); sebaiknya semua organisasi Karate yang menggunakan nama INKAI di tanah air; kembali kepada Sabeth Muchsin; sebagai bapak Karate aliran Shotokan di bawah JKA (Japaness Karatedo Association); bukan membuat INKAI tandingan dan INKAI palsu; atau membuat nama baru, nama lain yang berbenda dengan INKAI; sesuai hukum yang berlaku di Indonesia

      Jika ada perkataan yang tidak berkenan; kami memohon maaf; kami tidak bermaksut untuk menghina siapapun juga; karena kami sangat menghormati sesama Karateka

      walaupun demikian untuk kebaikan dan perkembangan Karate di Indonesia; semua WNI harus tunduk dan patuh kepada hukum yang berlaku di Indonesia.

      HORMAT KAMI

    62. Hajah Annisa Yasmin says:

      KESALAHAN KETIK

      atau membuat nama baru, nama lain yang berbeda dengan INKAI; sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia.

      PERBAIKAN

      Mengingat DOJO KUN (sumpah karate); sebaiknya semua organisasi Karate yang menggunakan nama INKAI di tanah air; kembali kepada Sabeth Muchsin; karena Sabeth Muchsin adalah bapak Karate alirang Shotokan di bawah JKA (Japaness Karatedo Association); bukan membuat INKAI tandingan atau INKAI palsu.

      Jika tidak bergabung dengan INKAI di bawah Sabeth Muchsin; maka sebaiknya organisasi karate di Indonesia segera membuat nama baru, nama lain yang berbeda dengan INKAI; sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia.

    63. indra inkai says:

      Osh senpai. Semoga sehat selalu. Mohon maaf, kami karateka inkai tanjungpinang baru akan mendirikan kepengurusan, tapi belum ketemu ad/art INKAI-nya sbg salah satu dasar pembentukan kepengurusan. Apa senpai bisa bantu kami untuk mendapatkan ad/artnya tsb? Trims…

    64. Dwi Setiawati says:

      Osh..Pengalaman sensei sangat mengesankan, sehingga saya ingin juga menceritakan pengalan hidup saya di dunia karate.
      saya ikut karate mulai 1979 waktu itu untuk kenaikan DAN I harus menunggu usia 17th, saya mulai ikut pertandingan sejak usia 9th,dan saya mendapatkan sabuk coklat pada usia 10th untuk rentang waktu tersebut kegiatan saya berlatih dan bertanding..sampai saat-saat adalah masalah di internal ranting yang membuat saya menjadi sedikit enggan untuk berlatih dan mulai belajar tari & gamelan Bali yg memang ingin saya pelajari,..saya ingin berlatih lagi selepas SMA, namun karena kesibukan kuliah dan bekerja karena pada saat itu kebetulan selepas SMA ayah mengalami kecelakaan sehingga tidak ada waktu untuk berlatih..selepas kuliah saya bekerja di Bali pada th 1998 dan pada saat itu pula terbesit pula keinginan untuk berlatih, karena pada saat itu saya dimintai tolong untuk mencarikan tempat bermalam untuk tim Jatim yg akan bertanding di Bali oleh salah seorang kakak yg satu ranting pada saat di Surabaya,namun belum sempat berlatih saya harus kembali ke Surabaya untuk menemani ibu yang memang sendiri karena ayah meninggal…dan ibu tidak mengijinkan saya untuk latihan karate lagi karena usia saya yang sudah mendekati 26th tapi belum ada tanda untuk mendapatkan pasangan..Dan Alhamdullilah setelah penantian yang panjang selama 26th akhirnya pada Juli 2011 lalu saya mendapatkan DAN I, semua itu atas dukungan suami saya dan kami juga bercita-cita untuk mendirikan sebuah dojo sebagai sarana latihan karate di daerah Pacitan yang sampai saat ini belum ada karate INKAI disana..Semoga harapan dan impiam kami dapat terwujud Amin..

    65. ady says:

      osh mau tanya di mana tempat latihan karate inkai dimakasar soal x saya udah cari2 tapi nga ketemu tempatx, saya sangat suka karate inkai karna seyak kecil saya udah ikut karate inkai di Timor, datang ke makasar nga ada tu, mhon infoxxx osh

    66. HERU says:

      KAMI INKAI DARI PULAU SIMEULUE ACEH ACUNG JEMPOL BUAT SIENPAI Dr.ERIKA bUKARI

    67. bang putra pratama says:

      osh,sensei.saya mw tnya.bagaimana cara untuk menjadi juara yana hebat?dan juga melatih mental juara yang bagus?
      saya dari inkai kalbar.mama saya juga karateka.nama nya utin setiawati.beliau pemain kata nasional.

    68. Suryadi Niat says:

      Salut buat ibu Erika, th 1984 saya mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat Dan I Se Sumatera yang dilaksanakan di Palembang. Kami utusan dari Batam yang pada saat itu dilatih oleh sempai Mahyon Sikumbang. Apakah ibu ada disana pada waktu itu ?

      • Iya, saya disana waktu itu ikut menguji Ujian Dan th 84 di Palembang. Kita lari ke Sembawa (daerah pinggiran kota kurang lebih 30 km dari Palembang) kemudian latihan disana dan lari lagi ke Palembang. Kebetulan waktu itu saya didepan bersama Pak Bachtiar sempay yang dari P.Batam. Masih ingat kah?

    69. BRINA says:

      osh!
      saya anak Pacitan, pernah ikut karate cabang Pacitan tahun 2007. belum sampai ujian kenaikan tingkat karatenya udah dibubarkan. sayang sekali,, padahal peminatnya banyak. Penyebabnya tidak ada pelatih karena sempay pindah keluar kota.
      Saya dan teman” berharap dibuka kembali karate cabang Pacitan.

      • Saudara Brina, maaf baru sempat membalas pesannya sekarang. Kalau mau latihan lagi, silahkan datang ke tempat yang ada lambang INKAI nya di jawa timur, yaitu Pengurus daerahnya. Dari sana pasti akan ada daftar nama cabang sewilayah jawa timur. Kalau sebuah cabang sudah tutup, mungkin ada beberapa ranting dibawah cabang tersebut di wilayah Pacitan masih aktif. Nah, bisa dirintis lagi untuk diaktifkan kembali oleh Pengurus Daerahnya. Sementara itu jangan pernah berhenti latihan ya. Mulai sendiri saja dulu di rumah.

    70. HarryTeguh says:

      Osh, Sempai.

      Saya mau tau, tempat latihan INKAI untuk daerah Kuningan dimana aja ya, Sempai

    71. edy agus says:

      terharu dan sangat termotivasi setelah membaca blog ini…ingin membuat prestasi Inkai Sumsel labih baik dari yg lalu…tp sayang ego2 pribadi penguasa yg melihat dg satu mata dan mendengar dg satu telinga menjadi penghambat semuanya…

      • Sdr. Edy Agus, teruslah berjuang membina karakter bangsa melalui karate selama masih mampu, masih sehat dan selama hayat dikandung badan. Saya juga akan mulai lagi turun ke lapangan kalau keadaan sudah memungkinkan. Tetap jangan pernah lelah. Terimakasih atas semangatnya.

    72. adi says:

      osh..

      pengalamannya sungguh menarik, saya pun jadi tambah bersemangat untuk latihan lgi..

      salam kenal..
      websitenya bagus..

      osh..

    73. Joe SAmuel says:

      OsH Salam Sensei DAri INKAIKOTA BONTANG KALIMANTAN TIMUR
      jalan2 SenseI ke Kota Kami trim’s

    74. Joe SAmuel says:

      klo boleh tau dosen dmna sensei

    75. HADI MAHIDIN says:

      Osh Sensei thn 1976 saya pernah lihat latihan Inkai diPalembang ketika itu Sens Idrus, Sens Anwar ; trus thn 1977 saya ikut Inkai Lampung an 1979 pernah ikut Gashuku di Bank Indonesia , Sekarang saya di Inkanas DKI Jaya , salam kenal buat Sens , trus aktif dan berolahraga

    76. Kausar Lp says:

      oss,
      salam kenal sempai, sensai, sihan.
      karate inkailah yg mmbuat saya, dihargai ,dhormati org lain,.

      karste inkai smoga sukses slalu, dlam memperbesar, prguruan…

    77. Risi Grisna Yurika says:

      Osh, Sempai Erika, Kagum teramat dalam- membaca perjuangannya Sempai, saya ingin sekali berlatih kembali, sambil mengajak putra saya 10 th, dimana INKAI daerah Parung-Depok?
      terima kasih

    78. Joel says:

      Osh Sensei,

      Salut dengan semangat budo Sensei. Aku wong palembang Sensei tapi besak di jawo. Saya bergabung dengan Inkai tahun 1991 di Jakarta dan meraih DAN i pada tahun 1995. Dikurun tahun tersebut saya sempat mengikuti pertandingan antar SMA dan meraih perak untuk nomor kata dan perunggu untuk kumite. Tahun 1998 saya vakum latihan hingga saat ini karena kesibukan pekerjaan. Saat ini saya dinas di Bandung. Namun nampaknya tidak ada dojo Inkai di Bandung.

      Hanya saja yang saat ini jadi perhatian saya, jika saya ingin ikut berlatih kembali kemana saya harus melanjutkan latihan sehubungan dengan dualisme INKAI?

      Mohon informasinya Sensei. Osh!

    79. nur aezeni says:

      osh. salam karate.
      maaf ibu, saya dulu ikut karate INKAI tapi baru sampai sabuk biru kyu 5.tapi terhenti karena harus bljr untuk kelulusan sekolah. sering terlintas dlm benak saya untuk ikut aktif lagi. gimana ya bu?

    80. Osh.. Sempei Erika.. Salam kenal.. Saya ikut karate INKAI sejak 1985 dan hajya samapai sabuk Coklat tp hanya sbg hobi sampai skrg kadang2 latihan2 sendiri aja. Saya merasakan manfaat yg besar sejak ikut latihan yg membentuk karakter diri. Sayang krn waktu sdh banyak lupa gerakan2 yg ada terutama buku2 hampir tdk ada yg khusus mengulas karate INKAI. Saat ini ingin kembali aktif di karate INKAI klo ada info dojo di Bandung dimana? saya setiap senin-jumat di bandung. Asli di Banjarmasin.Saat ini saya jg sedih kiprah INKAI agak redup. Mudaham ke depan tambah baik lagi karate di Indonesia.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


    Parent page: KARATE INKAI